Pengantar Bisnis Informatika


Pengertian Bisnis 

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.
Kata “bisnis” berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada seseorang.
Penggunaan kata “bisnis” dapat dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:
·         Badan Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari keuntungan.
·         Sektor Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
·         Seluruh aktivitas pada komunitas produsesn barang dan jasa.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti bisnis, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian bisnis menurut para ahli:
1. Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, definisi bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
2. Brown dan Pretello
Menurut Brown dan Pretello, pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.
3. Jeff Madura
Menurut Jeff Madura, pengertian bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan oleh pelanggan.
4. L. R. Dicksee
Menurut L. R. Dicksee, definisi bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam terjadinya aktivitas tersebut.

Fungsi Bisnis

Semua kegiatan bisnis berfungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya kurang bernilai menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setelah diolah.
Adapun beberapa fungsi bisnis adalah sebagai berikut:
·         Form Utility, yaitu fungsi produksi dimana sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat. Misalnya, perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.
·         Place Utility, yaitu fungsi distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang/ jasa ke lokasi terdekat yang bisa dijangkau konsumen.
·         Possessive Utility, yaitu fungsi penjualan dalam bisnis.
·         Time Utility, yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam bisnis, dimana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.
Menurut Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979), ada tiga fungsi utama dari suatu bisnis, yaitu:
·         Acquiring Raw Material, yaitu untuk mencari bahan mentah.
·         Manufacturing Raw Materials Into Product, yaitu mengubah bahan mentah menjadi barang jadi.
·         Distributing Product to Consumers, yaitu untuk menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.


Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.

Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya.

Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.




Pengertian Bisnis TI (Teknik Informatika)

Pertama  akan  membahas pengertian bisnis dan teknik informatika.
·    Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Menurut Griffin dan Ebert.
·   Teknik Informatika adalah suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Bisnis dan Teknik Informatika mengandung makna yang berbeda tapi bisa berhubungan. Secara sederhana pengertian bisnis TI itu adalah suatu kegiatan yang dilakukan perorangan atau kelompok yang memiliki nilai atau kemampuan dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dibuat dengan bantuan teknologi informasi seperti internet.

Fungsi Bisnis

Fungsi bisnis terdiri dari 2 yaitu
·         Fungsi Mikro (Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
Salah satu dari fungsi mikro yaitu Pemegang Saham karena dia memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan
·         Fungsi Makro (Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)
Salah satu dari fungsi makro yaitu bangsa dan negara karena tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.

 Bisnis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi


1.6.1        E-Commerce

E-Commerce atau bisa disebut perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim  manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1.      Menyediakan harga kompetitif.
2.      Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat dan ramah.
3.      Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.      Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa dan diskon.
5.      Memberika perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.      Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.      Mempermudah kegiatan perdagangan. 
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
a.       E-mail dan Messaging
b.      Content Management Systems
c.       Dokumen, Spreadsheet, Database
d.      Akunting dan sistem keuangan
e.       Informasi pengiriman dan pesanan
f.       Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
g.      Sistem pembayaran domestikdan internasional
h.      Newsgroup
i.        On-line Shopping
j.        Conferencing
k.      Online Banking

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan PayPal. Untuk di Indonesia bisa dilihat di tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

Kelebihan e-commerce:
a.       Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pemasaran.
b.      Meningkatkan daya saing perusahaan.
c.       Menggantikan konsep manual.
d.      Pertukaran data atau informasi jadi lebih mudah.
e.       Memudahkan bagi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit dicari atau jauh dari tempat tinggalnya.
f.       Dalam melakukan transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.
Kekurangan e-commerce:
a.       Produk yang dijual tidak semuanya ditampilkan.
b.      Penjelasan produk kurang jelas.
c.       Harga terkadang tidak sesuai.
d.      Produk kurang dikenal oleh masyarakat.
e.       Kurang aman dalam melakukan transaksi.
f.       Tampilan produk kurang jelas.
g.      Sering dijadikan untuk melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.

1.6.2        Software House

Sebuah software house adalah sebuah perusahaan yang utama produk perangkat lunak.
Ada beberapa jenis software house:
a.       Besar dan perusahaan terkenal memproduksi komersial off-the-shelf (COTS) seperti Microsoft, SAP AG, Oracle Corporation, HP, Adobe-Systems, Apple inc, JICS Tek dan Red Hat.
b.      Perusahaan memproduksi khusus komersial off-the-shelf (COTS) perangkat lunak, seperti Panorama, Hyperion, Siebel Systems, GaziltIT, Enigma Teknologi, JICS Tek.
c.       Perusahaan memproduksi Software sebagai Service SaaS, seperti Google, Facebook, Linkedln, JICS Tek.
d.      Perusahaan memproduksi komponen perangkat lunak, seperti Developer Express, Dundas, ComponentOne, dan SohnSoftware, JICS Tek.
e.       Application Service Provider seperti Salesforce, JICS Tek.
f.       Perusahaan berfokus pada memberikan software dipesan lebih dahulu untuk solusi industri vertikal atau wilayah geografis tertentu.
Semua ini dapat dikategorikan dalam satu atau banyak hal berikut:
a.       Kontraktual, ketika software house dikontrak untuk memberikan beberapa perangkat lunak tertentu dari luar.
b.      Pengembangan produk, ketika menghasilkan siap untuk digunakan, paket perangkat lunak, komersial off-the-shelf.
Peranan Umum Software
Pengorganisasian software house adalah jenis yang sangat khusus keterampilan manajemen, dimana orang-orang yang berpengalaman dapat mengubah masalah organisasi menjadi manfaat yang unik. Misalnya, memiliki sub-tim tersebar di berbagai zona waktu memungkinkan hari 24 jam kerja perusahaan, jika tim, sistem dan prosedur yang mapan. Sebuah contoh yang baik adalah tim uji dalam zona waktu 8 jam ke depan atau di belakang tim pengembangan, yang memperbaiki bug perangkat lunak ditemukan oleh penguji.
Sebuah software house perangkat lunak profesional biasanya terdiri dari setidaknya tiga khusus sub-tim:
a.       Bisnis analis yang mendefinisikan kebutuhan bisnis dari pasar.
b.      Software Designer/Programmer yang menciptakan spesifikasi teknis dan menulis perangkat lunak.
c.       Software penguji yang bertanggung jawab atas seluruh proses manajemen mutu.
Dalam software house yang lebih besar, spesialisasi yang lebih besar digunakan, dan cukup sering ada juga:
a.       Teknik penulis yang menulis semua dokumentasi seperti panduan pengguna.
b.      Rilis spesialis yang bertanggung jawab untuk membangun seluruh produk dan versi software.
c.       Designer grafis yang sangat penting dalam industri game dan di tempat lain.
d.      Pemeliharaan insinyur yang berada di belakang dua, tiga atau lebih jalur dukungan.
e.       Bertanggung jawab untuk membuat solusi operasional konsultan, terutama jika beberapa pengetahuan khusus yang diperlukan.
Kontra:
a.       Orang tidak fokus begitu banyak pada spesialisasi.
b.      Setiap orang harus sangat fleksibel dan memiliki kemampuan untuk memainkan peran masing-masing.
c.       Pendekatan ini mungkin hanya untuk yang lebih kecil, organisasi yang kurang formal.
Pro:
a.       Setiap orang memiliki pengetahuan penuh tentang siklus produksi penuh.
b.      Orang yang melakukan berbagai tugas apa yang membuat orang terutama anak muda bersemangat tentang pekerjaan mereka.
c.       Ada kemungkinan yang sangat baik untuk mengelola beban kerja terutama dalam situasi krisis seperti “semua tangan di pompa”.


  Consultant

Konsultasi teknologi informasi (juga disebut TI konsultasi, konsultasi komputer, konsultasi computing, bisnis teknologi konsultasi dan layanan teknologi atau IT penasihat) adalah bidang yang berfokus pada bisnis menasihati tentang cara yang terbaik untuk menggunakan teknologi informasi untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, konsultan TI sering memperkirakan, mengelola, melaksanakan, menyebarkan dan mengelola sistem TI atas nama ‘bisnis’ yang dikenal sebagai outsourcing.
Industri konsultasi TI dapat dilihat sebagai sistem empat-tier:
a.       Profesional jasa perusahaan yang mempertahankan tenaga kerja profesional besar dan tingkat perintah tagihan yang tinggi.
b.      Staffing perusahaan, yang menempatkan teknologi dengan bisnis secara sementara, biasanya dalam menanggapi absensi karyawan, kekurangan keterampilan sementara dan proyek-proyek teknis.
c.       Independen Konsultan, yang bekerja sendiri atau yang berfungsi sebagai karyawan dari perusahaan kepegawaian atau sebagai kontraktor independen dalam hak mereka sendiri.
d.      Konsultasi keamanan informasi.
Ada berbagai alasan mengapa konsultan dipanggil:
a.       Untuk mendapatkan eksternal, saran yang lebih objektif dan rekomendasi.
b.      Untuk mendapatkan akses keahlian khusus para konsultan.
c.       Hanya sebagai bantuan sementara selama proyek satu kali, dimana memperkerjakan karyawan tetap tidak diperlukan.
d.      Untuk outsourcing semua atau bagian dari layanan TI.
Empat prinsip dasar IT konsultasi adalah:
a.       Fokus pada hubungan: Memahami kepribadian dan harapan klien, organisasi klien dan semua stakeholder lainnya.
b.      Jelas diterapkan peran: peran dan tanggung jawab ditetapkan untuk kedua klien, stakeholder lainnya, dan tim konsultasi.
c.       Visualisasikan sukses: membantu klien melihat akhir di awal.
d.      Anda Advise, mereka putuskan: klien adalah orang terbaik untuk memutuskan.
Sebuah konsultasi IT perlu memiliki keterampilan sebagai berikut:
a.       Penasehat keterampilan.
b.      Keterampilan teknis.
c.       Bisnis keterampilan.
d.      Keterampilan komunikasi.
e.       Keterampilan manajemen.
f.       Penasehat bahasa keterampilan.
g.      Bisnis dan manajemen bahasa keterampilan.
h.      Teknis bahasa keterampilan.


Gambaran Umum Tools eBay

            eBay adalah ajang pasar online dunia, tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun dan berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil.
Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia.
Anda tidak perlu mendaftar untuk melihat barang yang tersedia di eBay, tetapi Anda harus mendaftar jika ingin membeli atau menjual. Di manapun Anda mendaftar, apakah pada eBay.com, atau situs internasional lainnya - ID Pengguna eBay berfungsi pada setiap situs eBay. Beginilah cara kerjanya:



Bayangkan ajang pasar yang menjajakan barang bernilai lebih dari US$1.840 yang diperdagangkan setiap detik, dan Anda dapat menjangkau 241 juta pembeli di seluruh dunia.
Apa pun yang ingin dilakukan, memulai bisnis online baru, meluaskan bisnis, atau eksportir yang sedang mencari untuk menjual barang melalui saluran lain, eBay menawarkan:
·         Arena perdagangan untuk penjual baru maupun yang berpengalaman
·         Rintangan entri yang rendah dan biaya memulai yang minimal
·         Akses mudah ke 38 pasar internasional dengan biaya operasi yang rendah

Kekuatan
1.      Siapapun dapat berdagang di eBay, di manapun, kapan saja.
2.      Mulailah segera menjual setelah proses pendaftaran yang mudah
3.      Tidak ada biaya keanggotaan di muka atau yang tersembunyi
4.      Sumber daya seperti Pusat Keamanan, Program sistem Umpan-balik dan Perlindungan Pembeli dari eBay dan PayPal mengurangi risiko kecurangan online dan meningkatkan kepercayaan di antara para pembeli dan penjual.
Dari penjual biasa yang mencari uang saku tambahan hingga pengecer profesional, hampir setiap orang menjual di eBay:
·         Manufaktur lokal : Meluaskan bisnis Anda ke luar pasar domestik. Permintaan yang meningkat berarti output lebih besar, ongkos lebih rendah dan margin lebih tinggi.
·         Pedagang (Impor/Ekspor) : Membagi risiko pengimporan dalam jumlah besar dengan menjual kelebihan stok di eBay. Ini juga berfungsi sebagai saluran tambahan untuk meluaskan bisnis Anda.
·         Pengecer domestik : Tidak ada ongkos sewa dan biaya pengeluaran, bahkan mampu menjangkau lebih dari 241 juta pembeli di seluruh dunia.
·         Grosir/distributor domestik : Membagi risiko pembelian dalam jumlah besar dengan menjual kelebihan stok di eBay. Ini juga berfungsi sebagai saluran tambahan untuk meluaskan bisnis Anda.
·         Eksportir : Gunakan eBay sebagai saluran tambahan untuk menjangkau 241 juta pemeli potensial.
·         Wiraswasta/Memulai Bisnis : Tanpa menyewa ruangan, biaya penggunaan, atau pengeluaran lain terkait bisnis secara fisik, eBay merupakan saluran rendah biaya yang sangat baik untuk menjangkau pembeli di seluruh dunia.
Jika anda penjual biasa, mulailah dengan menjual barang yang ada di sekitar rumah. Terdapat lebih dari 50.000 kategori pada eBay untuk menjual!
Jika anda penjual bisnis, anda dapat mulai dengan membeli produk dalam jumlah besar dan menjualnya kembali di eBay.
Cari sumber barang dari:
·         Teman atau anggota keluarga yang sudah memiliki bisnis
·         Distributor
·         Pabrik
·         Importir
·         Pembelian barang yang menarik dalam jumlah banyak dari toko / penjualan di garasi / gerai diskon dan pasar kaget.
·         Membeli dari lot grosir di eBay dan menjual kembali produk ini.
Sebelum memulai:
·         Lakukan riset mengenai apa yang laris terjual di eBay, dan ikuti praktik terbaik yang sederhana ini, yang digunakan oleh sebagian besar penjual eBay yang berhasil.
·         Jika Anda belum pernah melakukannya, cobalah membeli di eBay untuk memahami bagaimana perdagangan dilakukan.
·         Dapatkan inspirasi dengan mengetahui pengalaman penjual lainnya.






Persiapan Awal



Kelebihan eBay :
a.     Adanya pilihan untuk menampilkan produk secara Grid atau List
b.    Tampilan Webnya sangat bagus dan simpel
c.     Waktu Loading yang cepat
d.    memiliki harga yang lebih murah
e.     memiliki rating yang lebih tinggi dengan Top rated seller 
f.     memiliki banyak jenis produk yang ditawarkan, Tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, bahkan produk yang dijual kembali oleh pemiliknya pun tersedia
g.    Ebay juga menyediakan beberapa produk langka dan sangat bernilai
h.     Sistem pembeliannya pun dapat melalui sistem lelang
Kekurangan eBay :
a.       Tata layout yang tidak terstruktur
b.      memanfaatkan akun pembayaran tersendiri


sumber :





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vclas2 Teknik Kompilasi

Tugas Sofstkill Pengantar Bisnis informatika

Brosur Pengantar Bisnis Informatika