Pengantar Bisnis Informatika
Pengertian
Bisnis
Bisnis adalah suatu kegiatan yang
dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi,
penjualan, pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk
mendapatkan keuntungan atau laba.
Kata “bisnis” berasal dari bahasa
Inggris, yaitu “business” yang
artinya kesibukan. Dalam konteks sederhana, yang dimaksud dengan kesibukan
adalah melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan yang memberikan keuntungan pada
seseorang.
Penggunaan kata “bisnis” dapat
dibedakan menjadi tiga, tergantung skupnya. Kata bisnis dapat merujuk pada:
·
Badan
Usaha, yaitu kesatuan Yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari
keuntungan.
·
Sektor
Pasar Tertentu, misalnya pasar Modal.
·
Seluruh
aktivitas pada komunitas produsesn
barang dan jasa.
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Agar lebih memahami apa arti bisnis,
maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah
pengertian bisnis menurut para ahli:
1. Hughes dan Kapoor
Menurut Hughes dan Kapoor, definisi
bisnis adalah suatu kegiatan individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan
menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat.
2. Brown dan Pretello
Menurut Brown dan Pretello,
pengertian bisnis adalah lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang
dibutuhkan oleh masyarakat serta semua hal yang mencakup berbagai usaha yang
dilakukan pemerintah maupun swasta tidak peduli mengejar laba ataupun tidak.
3. Jeff Madura
Menurut Jeff Madura, pengertian
bisnis adalah perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang diinginkan
oleh pelanggan.
4. L. R. Dicksee
Menurut L. R. Dicksee, definisi
bisnis adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh
keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam
terjadinya aktivitas tersebut.
Fungsi Bisnis
Semua kegiatan bisnis berfungsi untuk membuat sesuatu yang
awalnya kurang bernilai menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan dapat memenuhi
kebutuhan masyarakat setelah diolah.
Adapun beberapa fungsi bisnis adalah sebagai berikut:
·
Form Utility, yaitu fungsi produksi dimana
sebuah bisnis menghasilkan suatu barang atau jasa yang dibutuhkan masyarakat.
Misalnya, perusahaan furniture, perusahaan jasa keuangan.
·
Place Utility, yaitu fungsi
distribusi dimana sebuah bisnis menyalurkan suatu barang/ jasa ke lokasi
terdekat yang bisa dijangkau konsumen.
·
Possessive Utility, yaitu fungsi
penjualan dalam bisnis.
·
Time Utility, yaitu fungsi penyimpanan dan
pemasaran dalam bisnis, dimana barang pada saat itu kurang bermanfaat untuk
nanti dikeluarkan pada saat barang tersebut lebih bermanfaat.
Menurut Steinhoff dalam bukunya The World Of Business (1979),
ada tiga fungsi utama dari suatu bisnis, yaitu:
·
Acquiring Raw Material, yaitu untuk
mencari bahan mentah.
·
Manufacturing Raw Materials Into Product, yaitu mengubah
bahan mentah menjadi barang jadi.
·
Distributing Product to Consumers, yaitu untuk
menyalurkan produk yang dihasilkan kepada konsumen.
Pengertian Teknologi informasi dan komunikasi
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi
yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi
pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan,
pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi
tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata
pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin,
material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah
teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip
dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat
kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan
pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge)
bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan,
ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling
mempengaruhi di antara keduanya.
Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi
adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses
penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga
lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Pengertian Bisnis TI (Teknik Informatika)
Pertama akan membahas
pengertian bisnis dan teknik informatika.
· Bisnis
merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan
untuk mendapatkan keuntungan. Menurut Griffin dan Ebert.
· Teknik
Informatika adalah suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja
dengan informasi dan melakukan tugas – tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi.
Bisnis dan Teknik Informatika
mengandung makna yang berbeda tapi bisa berhubungan. Secara sederhana
pengertian bisnis TI itu adalah suatu kegiatan yang dilakukan perorangan atau
kelompok yang memiliki nilai atau kemampuan dengan tujuan mendapatkan
keuntungan yang dibuat dengan bantuan teknologi informasi seperti internet.
Fungsi Bisnis
Fungsi bisnis terdiri dari 2 yaitu
· Fungsi
Mikro (Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
Salah satu dari fungsi mikro yaitu
Pemegang Saham karena dia memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu
terhadap perusahaan
· Fungsi
Makro (Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)
Salah satu dari fungsi makro yaitu
bangsa dan negara karena tanggung jawab kepada bangsa dan negara yang
diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.
Bisnis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.6.1 E-Commerce
E-Commerce atau bisa disebut perdagangan elektronik atau
e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. E-Commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini
sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain
management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online
marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business,
dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan,
dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis
data atau pangkalan data (database), e-surat atau surat elektronik (e-mail),
dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman
barang dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa
bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya
tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang
bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan
keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga
kompetitif.
2. Menyediakan jasa
pembelian yang tanggap, cepat dan ramah.
3. Menyediakan informasi
barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak
bonus seperti kupon, penawaran istimewa dan diskon.
5. Memberika perhatian
khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa
komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan
perdagangan.
Beberapa
aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
a. E-mail dan
Messaging
b. Content Management
Systems
c. Dokumen,
Spreadsheet, Database
d. Akunting dan sistem keuangan
e. Informasi
pengiriman dan pesanan
f. Pelaporan
informasi dari klien dan enterprise
g. Sistem pembayaran
domestikdan internasional
h. Newsgroup
i. On-line
Shopping
j. Conferencing
k. Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay,
Yahoo, Amazon.com, Google, dan PayPal. Untuk di Indonesia bisa dilihat di
tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.
Kelebihan e-commerce:
a. Meningkatkan
efisiensi dan efektivitas dalam proses pemasaran.
b. Meningkatkan daya
saing perusahaan.
c. Menggantikan
konsep manual.
d. Pertukaran data atau
informasi jadi lebih mudah.
e. Memudahkan bagi
calon pembeli untuk melakukan pembelian produk khususnya produk yang sulit
dicari atau jauh dari tempat tinggalnya.
f. Dalam melakukan
transaksi melibatkan intitusi lain, sehingga menguntungkan bagi intitusi itu.
Kekurangan
e-commerce:
a. Produk yang
dijual tidak semuanya ditampilkan.
b. Penjelasan produk
kurang jelas.
c. Harga terkadang
tidak sesuai.
d. Produk kurang dikenal
oleh masyarakat.
e. Kurang aman
dalam melakukan transaksi.
f. Tampilan produk
kurang jelas.
g. Sering dijadikan untuk
melakukan tindak kejahatan, khususnya penipuan.
1.6.2 Software House
Sebuah software house adalah sebuah perusahaan yang utama
produk perangkat lunak.
Ada beberapa jenis software house:
a. Besar dan
perusahaan terkenal memproduksi komersial off-the-shelf (COTS) seperti
Microsoft, SAP AG, Oracle Corporation, HP, Adobe-Systems, Apple inc, JICS Tek
dan Red Hat.
b. Perusahaan memproduksi
khusus komersial off-the-shelf (COTS) perangkat lunak, seperti Panorama,
Hyperion, Siebel Systems, GaziltIT, Enigma Teknologi, JICS Tek.
c. Perusahaan
memproduksi Software sebagai Service SaaS, seperti Google, Facebook, Linkedln,
JICS Tek.
d. Perusahaan memproduksi
komponen perangkat lunak, seperti Developer Express, Dundas, ComponentOne, dan
SohnSoftware, JICS Tek.
e. Application
Service Provider seperti Salesforce, JICS Tek.
f. Perusahaan
berfokus pada memberikan software dipesan lebih dahulu untuk solusi industri
vertikal atau wilayah geografis tertentu.
Semua
ini dapat dikategorikan dalam satu atau banyak hal berikut:
a. Kontraktual,
ketika software house dikontrak untuk memberikan beberapa perangkat lunak
tertentu dari luar.
b. Pengembangan produk,
ketika menghasilkan siap untuk digunakan, paket perangkat lunak, komersial
off-the-shelf.
Peranan
Umum Software
Pengorganisasian software house adalah jenis yang sangat
khusus keterampilan manajemen, dimana orang-orang yang berpengalaman dapat
mengubah masalah organisasi menjadi manfaat yang unik. Misalnya, memiliki
sub-tim tersebar di berbagai zona waktu memungkinkan hari 24 jam kerja
perusahaan, jika tim, sistem dan prosedur yang mapan. Sebuah contoh yang baik
adalah tim uji dalam zona waktu 8 jam ke depan atau di belakang tim
pengembangan, yang memperbaiki bug perangkat lunak ditemukan oleh penguji.
Sebuah software house perangkat lunak profesional biasanya
terdiri dari setidaknya tiga khusus sub-tim:
a. Bisnis analis
yang mendefinisikan kebutuhan bisnis dari pasar.
b. Software
Designer/Programmer yang menciptakan spesifikasi teknis dan menulis perangkat
lunak.
c. Software penguji
yang bertanggung jawab atas seluruh proses manajemen mutu.
Dalam software house yang lebih besar, spesialisasi yang
lebih besar digunakan, dan cukup sering ada juga:
a. Teknik penulis
yang menulis semua dokumentasi seperti panduan pengguna.
b. Rilis spesialis yang
bertanggung jawab untuk membangun seluruh produk dan versi software.
c. Designer grafis
yang sangat penting dalam industri game dan di tempat lain.
d. Pemeliharaan insinyur
yang berada di belakang dua, tiga atau lebih jalur dukungan.
e. Bertanggung
jawab untuk membuat solusi operasional konsultan, terutama jika beberapa
pengetahuan khusus yang diperlukan.
Kontra:
a. Orang tidak
fokus begitu banyak pada spesialisasi.
b. Setiap orang harus
sangat fleksibel dan memiliki kemampuan untuk memainkan peran masing-masing.
c. Pendekatan ini
mungkin hanya untuk yang lebih kecil, organisasi yang kurang formal.
Pro:
a. Setiap orang
memiliki pengetahuan penuh tentang siklus produksi penuh.
b. Orang yang melakukan
berbagai tugas apa yang membuat orang terutama anak muda bersemangat tentang
pekerjaan mereka.
c. Ada kemungkinan
yang sangat baik untuk mengelola beban kerja terutama dalam situasi krisis
seperti “semua tangan di pompa”.
Consultant
Konsultasi teknologi informasi (juga disebut TI konsultasi,
konsultasi komputer, konsultasi computing, bisnis teknologi konsultasi dan
layanan teknologi atau IT penasihat) adalah bidang yang berfokus pada bisnis
menasihati tentang cara yang terbaik untuk menggunakan teknologi informasi
untuk memenuhi tujuan bisnis mereka. Selain memberikan saran, konsultan TI
sering memperkirakan, mengelola, melaksanakan, menyebarkan dan mengelola sistem
TI atas nama ‘bisnis’ yang dikenal sebagai outsourcing.
Industri konsultasi TI dapat dilihat sebagai sistem
empat-tier:
a. Profesional jasa
perusahaan yang mempertahankan tenaga kerja profesional besar dan tingkat
perintah tagihan yang tinggi.
b. Staffing perusahaan,
yang menempatkan teknologi dengan bisnis secara sementara, biasanya dalam
menanggapi absensi karyawan, kekurangan keterampilan sementara dan
proyek-proyek teknis.
c. Independen
Konsultan, yang bekerja sendiri atau yang berfungsi sebagai karyawan dari
perusahaan kepegawaian atau sebagai kontraktor independen dalam hak mereka
sendiri.
d. Konsultasi keamanan
informasi.
Ada
berbagai alasan mengapa konsultan dipanggil:
a. Untuk
mendapatkan eksternal, saran yang lebih objektif dan rekomendasi.
b. Untuk mendapatkan
akses keahlian khusus para konsultan.
c. Hanya sebagai
bantuan sementara selama proyek satu kali, dimana memperkerjakan karyawan tetap
tidak diperlukan.
d. Untuk outsourcing
semua atau bagian dari layanan TI.
Empat
prinsip dasar IT konsultasi adalah:
a. Fokus pada
hubungan: Memahami kepribadian dan harapan klien, organisasi klien dan semua
stakeholder lainnya.
b. Jelas diterapkan
peran: peran dan tanggung jawab ditetapkan untuk kedua klien, stakeholder
lainnya, dan tim konsultasi.
c. Visualisasikan
sukses: membantu klien melihat akhir di awal.
d. Anda Advise, mereka
putuskan: klien adalah orang terbaik untuk memutuskan.
Sebuah
konsultasi IT perlu memiliki keterampilan sebagai berikut:
a. Penasehat
keterampilan.
b. Keterampilan teknis.
c. Bisnis
keterampilan.
d. Keterampilan
komunikasi.
e. Keterampilan
manajemen.
f. Penasehat bahasa
keterampilan.
g. Bisnis dan manajemen
bahasa keterampilan.
h. Teknis bahasa
keterampilan.
Gambaran
Umum Tools eBay
eBay adalah ajang pasar online dunia, tempat bagi pembeli dan penjual berhimpun
dan berdagang apa saja. Diluncurkan tahun 1995, eBay diawali sebagai tempat
untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan. Sejak itu, eBay
telah berkembang menjadi ajang pasar tempat Anda dapat menemukan segala
sesuatu, dari ponsel dan DVD hingga pakaian, barang koleksi dan mobil.
Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia
dan penambahan daftar barang sebanyak 6,1 juta yang dilakukan setiap hari, eBay
menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan
menjual di seluruh dunia.
Anda tidak perlu mendaftar untuk melihat barang yang
tersedia di eBay, tetapi Anda harus mendaftar jika ingin membeli atau menjual.
Di manapun Anda mendaftar, apakah pada eBay.com, atau situs internasional
lainnya - ID Pengguna eBay berfungsi pada setiap situs eBay. Beginilah cara
kerjanya:
Bayangkan
ajang pasar yang menjajakan barang bernilai lebih dari US$1.840 yang
diperdagangkan setiap detik, dan Anda dapat menjangkau 241 juta pembeli di
seluruh dunia.
Apa pun yang ingin dilakukan, memulai bisnis online baru,
meluaskan bisnis, atau eksportir yang sedang mencari untuk menjual barang
melalui saluran lain, eBay menawarkan:
· Arena
perdagangan untuk penjual baru maupun yang berpengalaman
· Rintangan
entri yang rendah dan biaya memulai yang minimal
· Akses
mudah ke 38 pasar internasional dengan biaya operasi yang rendah
Kekuatan
1. Siapapun
dapat berdagang di eBay, di manapun, kapan saja.
2. Mulailah
segera menjual setelah proses pendaftaran yang mudah
3. Tidak
ada biaya keanggotaan di muka atau yang tersembunyi
4. Sumber
daya seperti Pusat Keamanan, Program sistem Umpan-balik dan Perlindungan
Pembeli dari eBay dan PayPal mengurangi risiko kecurangan online dan
meningkatkan kepercayaan di antara para pembeli dan penjual.
Dari penjual biasa yang mencari uang saku tambahan hingga
pengecer profesional, hampir setiap orang menjual di eBay:
· Manufaktur
lokal : Meluaskan bisnis Anda ke luar pasar domestik. Permintaan yang
meningkat berarti output lebih besar, ongkos lebih rendah dan margin lebih
tinggi.
· Pedagang
(Impor/Ekspor) : Membagi risiko pengimporan dalam jumlah besar dengan menjual
kelebihan stok di eBay. Ini juga berfungsi sebagai saluran tambahan untuk
meluaskan bisnis Anda.
· Pengecer
domestik : Tidak ada ongkos sewa dan biaya pengeluaran, bahkan mampu
menjangkau lebih dari 241 juta pembeli di seluruh dunia.
· Grosir/distributor
domestik : Membagi risiko pembelian dalam jumlah besar dengan menjual
kelebihan stok di eBay. Ini juga berfungsi sebagai saluran tambahan untuk
meluaskan bisnis Anda.
· Eksportir :
Gunakan eBay sebagai saluran tambahan untuk menjangkau 241 juta pemeli
potensial.
· Wiraswasta/Memulai
Bisnis : Tanpa menyewa ruangan, biaya penggunaan, atau pengeluaran
lain terkait bisnis secara fisik, eBay merupakan saluran rendah biaya yang sangat
baik untuk menjangkau pembeli di seluruh dunia.
Jika
anda penjual biasa, mulailah dengan menjual barang yang ada di
sekitar rumah. Terdapat lebih dari 50.000 kategori pada eBay untuk menjual!
Jika
anda penjual bisnis, anda dapat mulai dengan membeli produk dalam jumlah
besar dan menjualnya kembali di eBay.
Cari
sumber barang dari:
· Teman
atau anggota keluarga yang sudah memiliki bisnis
· Distributor
· Pabrik
· Importir
· Pembelian
barang yang menarik dalam jumlah banyak dari toko / penjualan di garasi / gerai
diskon dan pasar kaget.
· Membeli
dari lot grosir di eBay dan menjual kembali produk ini.
Sebelum
memulai:
· Lakukan
riset mengenai apa yang laris terjual di eBay, dan ikuti praktik terbaik yang
sederhana ini, yang digunakan oleh sebagian besar penjual eBay yang berhasil.
· Jika
Anda belum pernah melakukannya, cobalah membeli di eBay untuk memahami
bagaimana perdagangan dilakukan.
· Dapatkan
inspirasi dengan mengetahui pengalaman penjual lainnya.
Persiapan
Awal
Kelebihan
eBay :
a. Adanya pilihan untuk
menampilkan produk secara Grid atau List
b. Tampilan
Webnya sangat bagus dan simpel
c. Waktu Loading yang cepat
d. memiliki
harga yang lebih murah
e. memiliki rating yang lebih tinggi dengan Top rated seller
f. memiliki banyak jenis produk
yang ditawarkan, Tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, bahkan produk
yang dijual kembali oleh pemiliknya pun tersedia
g. Ebay juga menyediakan beberapa
produk langka dan sangat bernilai
h. Sistem pembeliannya pun
dapat melalui sistem lelang
Kekurangan
eBay :
a. Tata layout yang
tidak terstruktur
b. memanfaatkan akun
pembayaran tersendiri
sumber :
Komentar
Posting Komentar